RPP AKIDAH AKHLAK MI KELAS 3 SEMESTER 1
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MATA
PELAJARAN AQIDAH AKHLAK
MADRASAH IBTIDAIYAH
KELAS III SEMESTER 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI :
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : III / 1
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
1.
Memahami kalimat thayyibah (takbir),
Al-Asma al-Husna (al Adhim, Al Kabiir, al Karim dan Al Malik)
B.
Komepetensi Dasar
1.1
Mengenal Allah melalui kalimat
thayyibah (Allahu Akbar)
C.
Materi Pembelajaran
■ Kalimat thayyibah
Allahu Akbar
D.
Metode Pembelajaran
■ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
■ Tanya jawab tentang kalimat thayyibah yang siswa ketahui
■ Diskusi
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Tujuan Pembelajaran :
■ Siswa dapat mengartikan kaimat takbir melalui lagu
Allahu Akbar
■ Siswa dapat menjelaskan keistimewaan mengucapkan
kalimat tak-bir melalui kerja berpasangan
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan
seputar kalimat thayyibah
Motivasi :
memberikan informasi
tentang kalimat thayyibah
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti :
■ Siswa membaca literatur tentang kalimat thayyibah (fase eksplorasi)
■ Bertanya jawab tentang kalimat thayyibah, (fase eksplorasi)
■ Siswa diminta berdiskusi : menyebutkan kalimat thayyibah (fase elaborasi)
■ Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
■ Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran
(fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
■ Tanya jawab tentang kalimat thayyibah
■ Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu
surat pendek sebagai pengamalan
|
10 menit
|
F.
Sumber belajar dan media pembelajaran :
1.
Buku paket
2.
Lagu takbir
3.
Pemodelan siswa
4.
LKS
G.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
■
Mengartikan
kaimat takbir
■
Menyebutkan
penggunaan kalimat takbir
■
Menjelaskan
keistimewaan mengucapkan kalimat takbir
■
Menunjukkan
bukti bahwa Allah Maha Besar
|
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
|
Isian
Uraian
Performance
|
■
Jelaskan arti
kaimat takbir!
■
Sebutkan
penggunaan kalimat takbir!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
Cimarga, ...............................
Guru bidang studi Aqidah Akhlaq
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI :
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : III / 1
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
1.
Memahami kalimat thayyibah (takbir),
Al-Asma al-Husna (al Adhim, Al Kabiir, al Karim dan Al Malik)
B.
Komepetensi Dasar
1.2
Mengenal Allah melalui sifat-sifat
Allah yang terkandung dalam Al-Asma Al-Husna (al Adhim, Al Kabiir, al Karim dan Al Malik)
C.
Materi Pembelajaran
■
Lafal al Adhim,
Al Kabiir, al Karim dan Al Malik
■
Arti al Adhim,
Al Kabiir, al Karim dan Al Malik
■ Wujud al Adhim, Al Kabiir, al Karim dan Al Malik
D.
Metode Pembelajaran
■ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
■ Tanya jawab tentang kalimat thayyibah yang siswa ketahui
■ Diskusi
E. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Tujuan Pembelajaran :
■ Siswa dapat mengartikan al Adhim, Al Kabiir, al
Karim dan Al Malik
■ Siswa dapat menjelaskan tentang wujud Al Adhim, Al
Kabiir, Al Karim dan Al Malik melalui hasil ciptaan-Nya
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan
seputar kalimat thayyibah
Motivasi :
memberikan informasi
tentang kalimat thayyibah
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti :
■ Siswa membaca literatur tentang kalimat thayyibah (fase eksplorasi)
■ Bertanya jawab tentang kalimat thayyibah, (fase
eksplorasi)
■ Siswa diminta berdiskusi : menyebutkan kalimat thayyibah (fase elaborasi)
■ Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
■ Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran
(fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
■ Tanya jawab tentang kalimat thayyibah
■ Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu
surat pendek sebagai pengamalan
|
10 menit
|
F. Sumber
belajar dan media pembelajaran :
1.
Buku paket
2.
Kartu Al-Asma
Al-Husna
3.
Lingkungan
sekitar
4.
LKS
G.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
■
Melafalkan 4
Al-Asma Al-Husna Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur
■
Mengartikan 4
Al-Asma Al-Husna Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur
■
Menghafalkan 4
Al-Asma Al-Husna Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur
■
Menunjukkan
contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat al Adhim, Al Kabiir, al Karim dan
Al Malik melalui hasil ciptaan-Nya
|
Tes lisan
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
|
Isian
Uraian
Performance
|
■
Jelaskan arti
4 Al-Asma Al-Husna Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur!
■
contoh
sederhana bahwa Allah memiliki sifat al Adhim, Al Kabiir, al Karim dan Al
Malik melalui hasil ciptaan-Nya!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
.............. , ...............................
Guru bidang studi Aqidah Akhlaq
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI :
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : III / 1
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
2.
Beriman kepada Malaikat-Malaikat
Allah
B.
Komepetensi Dasar
2.1
Mengenal malaikat-malaikat Allah
C.
Materi Pembelajaran
■
Pengertian
Malaikat
■
Nama-nama
Malaikat beserta tugasnya
■
Penciptaan
Malaikat
■
Sifat-sifat
Malaikat
■
Perbedaan
Malaikat dengan mahluk-makhluk lain
■
Hikmah beriman
kepada Malaikat
D.
Metode Pembelajaran
■ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
■ Tanya jawab tentang Malaikat-Malaikat Allah yang
siswa ketahui
■ Diskusi
E. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Tujuan Pembelajaran :
■ Siswa dapat menjelaskan tentang pengertian
Malaikat, penciptaan Malaikat, sifat-sifat Malaikat
■ Siswa dapat mengetahui tentang nama-nama Malaikat
beserta tugasnya
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan
seputar Malaikat-Malaikat Allah
Motivasi :
memberikan informasi
tentang Malaikat-Malaikat Allah
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti :
■ Siswa membaca literatur tentang Malaikat-Malaikat
Allah (fase eksplorasi)
■ Bertanya jawab tentang Malaikat-Malaikat Allah,
(fase eksplorasi)
■ Siswa diminta berdiskusi : menyebutkan Malaikat-Malaikat Allah (fase
elaborasi)
■ Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
■ Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran
(fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
■ Tanya jawab tentang Malaikat-Malaikat Allah
■ Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu
surat pendek sebagai pengamalan
|
10 menit
|
F. Sumber
belajar dan media pembelajaran :
1.
Buku paket
2.
Tepuk malaikat
3.
Kartu
4.
Bendera dan
puzel
5.
Hasil kerja
siswa
6.
LKS
G.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
■
Menjelaskan
pengertian tentang Malaikat
■
Menyebutkan
nama-nama Malaikat beserta tugasnya
■
Menghafal
nama-nama Malaikat beserta tugasnya
■
Menjelaskan
tugas-tugas Malaikat
■
Menjelaskan
penciptaan Malaikat
■
Menyebutkan
sifat-sifat Malaikat
■
Menjelaskan
perbedaan Malaikat dengan mahluk-makhluk lain (manusia, jin, hewan, dan
tumbuhan
■
Menyebutkan
Hikmah beriman kepada Malaikat
|
Tes lisan
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
|
Isian
Uraian
Performance
|
■
Jelaskan
pengertian tentang Malaikat!
■
Jelaskan
tugas-tugas, penciptaan, dan sifat-sifat Malaikat!
■
Sebutkan
hikmah beriman kepada Malaikat!
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI :
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : III / 1
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
3.
Membiasakan akhlak terpuji
B.
Komepetensi Dasar
3.1
Membiasakan sifat kasih sayang, dan
taat dalam kehidupan sehari-hari
C.
Materi Pembelajaran
■
Arti dari sikap kasih
sayang, dan taat
D.
Metode Pembelajaran
■ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
■ Tanya jawab tentang akhlak terpuji yang siswa ketahui
■ Diskusi
E. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Tujuan Pembelajaran :
■ Siswa dapat menjelaskan tentang arti sifat kasih
sayang dan taat
■ Siswa dapat menyebutkan contoh sikap kasih sayang,
dan taat kepada orang tua dan keluarga, guru dan teman
■ Siswa dapat menyebutkan tentang ciri-ciri orang yang kasih sayang, dan taat
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan
seputar akhlak terpuji
Motivasi :
memberikan informasi
tentang akhlak terpuji
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti :
■ Siswa membaca literatur tentang akhlak terpuji
(fase eksplorasi)
■ Bertanya jawab tentang akhlak terpuji (fase
eksplorasi)
■ Siswa diminta berdiskusi : menyebutkan akhlak terpuji (fase elaborasi)
■ Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
■ Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran
(fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
■ Tanya jawab tentang akhlak terpuji
■ Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu
surat pendek sebagai pengamalan
|
10 menit
|
F. Sumber
belajar dan media pembelajaran :
1.
Buku paket
2.
Perilaku teman
3.
TTS
4.
Pemodelan siswa
5.
Perilaku diri sendiri
dan teman
6.
LKS
G.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
■
Menunjukkan
pengertian kasih sayang, dan taat
■
Menyebutkan
contoh kasih sayang, dan taat
■
Menyebutkan
cirri-ciri orang yang bersifat kasih
sayang
■
Menyebutkan
ciri-ciri orang yang bersifat taat
■
Menjelaskan
keuntungan memiliki sifat kasih sayang
■
Menjelaskan
keuntungan memiliki sifat taat
■
Menjelaskan
akibat tidak memiliki sifat kasih sayang
■
Menjelaskan
akibat tidak memiliki sifat taat
|
Tes lisan
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
|
Isian
Uraian
Performance
|
■
Jelaskan
pengertian tentang kasih sayang, dan taat!
■
Sebutkan
Jelaskan tugas-tugas, penciptaan, dan sifat-sifat Malaik contoh kasih sayang,
dan taat at!
■
Sebutkan
ciri-ciri orang yang bersifat taat!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
|
.............. , ...............................
Guru bidang studi Aqidah Akhlaq
..........................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI :
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : III / 1
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
3.
Membiasakan akhlak terpuji
B.
Komepetensi Dasar
3.2
Membiasakan berakhlak baik terhadap kedua orang tua dalam
kehidupan sehari-hari melalui kisah Nabi Ismail a.s
C.
Materi Pembelajaran
■
Arti birul
walidain
■
Ciri-ciri birrul
walidain
■
Adab kepada
orang tua ketika masih hidup, sedang sakit dan setelah meninggal dunia
■
Akibat tidak
berbakti kepada kedua orang tua
■
Ahlak terpuji
kepada orang tua
■
Kisah Nabi
Ismail a.s
D.
Metode Pembelajaran
■ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
■ Tanya jawab tentang akhlak terpuji yang siswa ketahui
■ Diskusi
E. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Tujuan Pembelajaran :
■ Siswa dapat menjelaskan tentang birul walidain
■ Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri orang yang
memiliki sifat birrul walidain melalui kerja berpasangan
■ Siswa dapat menghafal do’a untuk kedua orang tua
■ Siswa dapat menjelaskan adab kepada orang tua
ketika masih hidup, ketika sedang
sakit, dan ketika sudah meninggal dunia
■ Siswa dapat mengambil hikmah dari kisah Nabi Ismail
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan
seputar akhlak terpuji
Motivasi :
memberikan informasi
tentang akhlak terpuji
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti :
■ Siswa membaca literatur tentang akhlak terpuji
(fase eksplorasi)
■ Bertanya jawab tentang akhlak terpuji (fase
eksplorasi)
■ Siswa diminta berdiskusi : menyebutkan akhlak terpuji (fase elaborasi)
■ Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
■ Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran
(fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
■ Tanya jawab tentang akhlak terpuji
■ Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu
surat pendek sebagai pengamalan
|
10 menit
|
F. Sumber
belajar dan media pembelajaran :
1.
Buku paket
2.
Pengalaman siswa
3.
Buku cerita
4.
LKS
G.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
■
Menyebutkan
ciri-ciri orang yang memiliki sifat birrul walidain
■
Menjelaskan
adab kepada orang tua ketika masih hidup
■
Menjelaskan
adab kepada orang tua ketika sedang sakit
■
Menyebutkan
do’a untuk orang sakit
■
Menjelaskan
akibat tidak berbakti kepada kedua orang tua
■
Mengambil
hikmah dari kisah Nabi Ismail
|
Tes lisan
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
|
Isian
Uraian
Performance
Unjuk kerja
|
■
Sebutkan
ciri-ciri orang yang memiliki sifat birrul walidain!
■
Jelaskan adab
kepada orang tua ketika masih hidup,
ketika sedang sakit, dan ketika sudah meninggal dunia!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
|
.............. , ...............................
Guru bidang studi Aqidah Akhlaq
..........................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI :
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : III / 1
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
4.
Menghindari akhlak tercela
B.
Komepetensi Dasar
4.1
Menghindari sikap durhaka kepada kedua
orang tua melalui kisah Kan’an
C.
Materi Pembelajaran
■
Arti durhaka
■
Ciri-ciri orang
yang memiliki sifat durhaka
■
Kisah Kan’an
D.
Metode Pembelajaran
■ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
■ Tanya jawab tentang akhlak tercela yang siswa ketahui
■ Diskusi
E. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Tujuan Pembelajaran :
■ Siswa dapat menjelaskan pengertian durhaka kepada
orang tua
■ Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri orang yang
memiliki sifat durhaka
■ Siswa dapat menyebutkan cara-cara menghindari sifat
durhaka melalui
■ Siswa dapat mengambil hikmah dari kisah Nabi Ismail
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan
seputar akhlak tercela
Motivasi :
memberikan informasi
tentang akhlak tercela
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti :
■ Siswa membaca literatur tentang akhlak tercela
(fase eksplorasi)
■ Bertanya jawab tentang akhlak tercela (fase
eksplorasi)
■ Siswa diminta berdiskusi : menyebutkan akhlak tercela (fase elaborasi)
■ Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
■ Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran
(fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
■ Tanya jawab tentang akhlak tercela
■ Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu
surat pendek sebagai pengamalan
|
10 menit
|
F. Sumber
belajar dan media pembelajaran :
1.
Buku paket
2.
TTS
3.
Buku cerita
4.
LKS
5.
Perilaku siswa
G.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
■
Mengartikan
sifat durhaka
■
Menyebutkan
ciri-ciri orang yang memiliki sifat durhaka
■
Menunjukkan
contoh orang yang memiliki sifat durhaka
■
Menyebutkan
cara menghindari sifat durhaka
■
Menjelaskan
akibat memiliki sifat durhaka
■
Mengambil
hikmah dari kisah Kan’an
|
Tes lisan
Tes lisan
Non tes
|
Isian
Uraian
Performance
|
■
Jelaskan arti
sifat durhaka!
■
Sebutkan
ciri-ciri orang yang memiliki sifat durhaka!
■
Apa hikmah
dari kisah Kan’an!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
.............. , ...............................
Guru bidang studi Aqidah Akhlaq
..........................................
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar