RPP FIQIH madrasah ibtidaiyah kelas 3 mi semester 1
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MATA
PELAJARAN FIQIH
MADRASAH IBTIDAIYAH
KELAS III SEMESTER 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata
Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester :
III / 1
Alokasi
Waktu : 1 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
1. Mengenal shalat sunnah rawatib
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan ketentuan shalat sunah rawatib
C.
Tujuan Pembelajaran :
■ Membaca buku dan artikel dan mencari arti pengertian
shalat rawatib.
■ Menunjukkan kapan waktu yang tepat melaksanakan
shalat sunah rawatib.
■ Dapat menunjukkan jumlah rakaat shalat sunah rawatib.
■ Mencermati
pelaksanaan shalat sunah rawatib qobliyah dan ba’diyah
D.
Materi Pembelajaran
■ Pengertian shalat sunah rawatib
■ Waktu pelaksanaan shalat sunah rawatib
■ Jumlah rakaat shalat sunah rawatib
■ Keutamaan dari shalat sunah rawatib
E.
Metode Pembelajaran
■ Ceramah
■ Tanya jawab
■ Penugasan
F.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahuluan
■
Memulai dengan
salam, menyapa siswa dan berdo’a.
■
Appersepsi,
mengajukan pertanyaan tentang shalat rawatib
■
Motivasi,
membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa bahwa betapa pentingnya
shalat rawatib.
■
Meminta siswa
menyiapkan buku teks Fiqih.
2.
Kegiatan Inti
■
Eksplorasi: Guru
meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang shalat rawatib.
■
Elaborasi: Siswa
mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang shalat rawatib
■
Konfirmasi: Guru
meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang shalat rawatib
■
Elaborasi: Guru
melakukan tanya jawab tentang shalat rawatib.
■
Elaborasi: Guru
menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema shalat
rawatib
■
Elaborasi:
Meminta siswa untuk membaca dalil tentang shalat rawatib.
3.
Kegiatan Penutup
■
Guru memberikan
penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang shalat rawatib
■
Melontarkan
beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi shalat rawatib
■
Siswa menyalin
kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
G.
Alat/Sumber Belajar
■ Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan
sumber belajar lain
H.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
■ Menjelaskan pengertian shalat sunnah rawatib
■ Menyebutkan waktu pelaksanaan shalat sunah rawatib
(qabliyah dan ba’diyah) .
■ Menyebutkan bilangan rakaat shalat-shalat sunah
rawatib.
■ Menjelaskan
keutamaan-keutamaan dan pahala
shalat sunah rawatib.
|
Tes Tulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
■ Jelaskan pengertian shalat sunnah rawatib!
■ Sebutkan waktu pelaksanaan shalat sunah rawatib
(qabliyah dan ba’diyah)!
■ Sebutkan keutamaan-keutamaan dan pahala shalat
sunah rawatib?
■ Bagaimanakah bacaan-bacaan wajib dan sunnah dalam
shalat fardhu?
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
|
.............. , ...............................
Guru bidang studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata
Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester :
III / 1
Alokasi
Waktu : 1 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
1. Mengenal shalat sunnah rawatib
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Mempraktek-kan tata cara shalat sunah
rawatib
C.
Tujuan Pembelajaran :
■
Mengetahui tata
cara shalat sunah rawatib
■ Mendemontrasikan shalat sunah rawatib
D.
Materi Pembelajaran
■ Praktek shalat sunah rawatib
E.
Metode Pembelajaran
■ Ceramah
■ Tanya jawab
■ Penugasan
F.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahuluan
■
Memulai dengan
salam, menyapa siswa dan berdo’a.
■
Appersepsi,
mengajukan pertanyaan tentang shalat rawatib
■
Motivasi,
membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa bahwa betapa pentingnya
shalat rawatib.
■
Meminta siswa
menyiapkan buku teks Fiqih.
2.
Kegiatan Inti
■
Eksplorasi: Guru
meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang shalat rawatib.
■
Elaborasi: Siswa
mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang shalat rawatib
■
Konfirmasi: Guru
meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang shalat rawatib
■
Elaborasi: Guru
melakukan tanya jawab tentang shalat rawatib.
■
Elaborasi: Guru
menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema shalat
rawatib
■
Elaborasi:
Meminta siswa untuk membaca dalil tentang shalat rawatib.
3.
Kegiatan Penutup
■
Guru memberikan
penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang shalat rawatib
■
Melontarkan
beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi shalat rawatib
■
Siswa menyalin
kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
G.
Alat/Sumber Belajar
■ Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan
sumber belajar lain
H.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
■ Mempraktekkan niat shalat rawatib
■ Mempraktekkan shalat sunah rawatib
|
Unjuk kerja
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
■ Sebutkan niat shalat rawatib!
■ Bagaimanakah cara shalat sunah rawatib ?
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
|
.............. , ...............................
Guru bidang studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata
Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester :
III / 1
Alokasi
Waktu : 1 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
2. Mengenal
shalat jum ‘at
B.
Kompetensi Dasar
2.1 Mengenal ketentuan shalat jum’ at
C.
Tujuan Pembelajaran :
■
Mendiskusikan
tentang syarat wajib dan syarat syah shalat jum’ at.
■
Melihat VCD atau
gambar tentang pelaksanaan shalat jum’ at
■ Mengetahui waktu pelaksanaan shalat jum’ at
D.
Materi Pembelajaran
■ Hukum shalat
jum’ at
■ Waktu pelaksanaan shalat jum’ at
E.
Metode Pembelajaran
■ Ceramah
■ Tanya jawab
■ Penugasan
F.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahuluan
■
Memulai dengan
salam, menyapa siswa dan berdo’a.
■
Appersepsi,
mengajukan pertanyaan tentang shalat jum’ at
■
Motivasi,
membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa bahwa betapa pentingnya
shalat jum’ at.
■
Meminta siswa
menyiapkan buku teks Fiqih.
2.
Kegiatan Inti
■
Eksplorasi: Guru
meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang shalat jum’ at.
■
Elaborasi: Siswa
mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang shalat jum’ at
■
Konfirmasi: Guru
meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang shalat jum’ at
■
Elaborasi: Guru
melakukan tanya jawab tentang shalat jum’ at.
■
Elaborasi: Guru
menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema shalat
jum’ at
■
Elaborasi:
Meminta siswa untuk membaca dalil tentang shalat jum’ at.
3.
Kegiatan Penutup
■
Guru memberikan
penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang shalat jum’ at
■
Melontarkan beberapa
pertanyaan kepada siswa tentang materi shalat jum’ at
■
Siswa menyalin
kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
G.
Alat/Sumber Belajar
■ Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan
sumber belajar lain
H.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
■ Menjelaskan
hukum shalat jum’ at
■ Menyebutkan syarat wajib dan syarat sah shalat jum’
at.
■ Menunjukkan waktu shalat jum’ at
■ Menyebutkan hal-hal yang disunnahkan sebelum shalat
jum’ at..
■ Menjelaskan tatacara pelaksanaan shalat Jumat
|
Tes tulis
|
Uraian
|
■ Apa hukum shalat jum’ at?
■ Sebutkan syarat wajib dan syarat sah shalat jum’
at!
■ Sebutkan hal-hal yang disunnahkan sebelum shalat
jum’ at!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
|
.............. , ...............................
Guru bidang studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata
Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester :
III / 1
Alokasi
Waktu : 1 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
2. Mengenal
shalat jum ‘at
B.
Kompetensi Dasar
2.2 Membiasakan mengi-kuti shalat Jum’at
C.
Tujuan Pembelajaran :
■
Mengetahui tata
cara shalat Jum’at
■ Mendemontrasikan shalat Jum’at
D.
Materi Pembelajaran
■ Praktek shalat
Jum’at
E.
Metode Pembelajaran
■ Ceramah
■ Tanya jawab
■ Penugasan
F.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahuluan
■
Memulai dengan
salam, menyapa siswa dan berdo’a.
■
Appersepsi,
mengajukan pertanyaan tentang shalat jum’ at
■
Motivasi,
membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa bahwa betapa pentingnya
shalat jum’ at.
■
Meminta siswa
menyiapkan buku teks Fiqih.
2.
Kegiatan Inti
■
Eksplorasi: Guru
meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang shalat jum’ at.
■
Elaborasi: Siswa
mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang shalat jum’ at
■
Konfirmasi: Guru
meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang shalat jum’ at
■
Elaborasi: Guru
melakukan tanya jawab tentang shalat jum’ at.
■
Elaborasi: Guru
menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema shalat
jum’ at
■
Elaborasi:
Meminta siswa untuk membaca dalil tentang shalat jum’ at.
3.
Kegiatan Penutup
■
Guru memberikan
penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang shalat jum’ at
■
Melontarkan
beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi shalat jum’ at
■
Siswa menyalin
kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
G.
Alat/Sumber Belajar
■ Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
H.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
■ Mempraktekkan niat shalat Jum’at
■ Mempraktekkan shalat Jum’at
|
Unjuk kerja
|
Uraian
|
■ Sebutkan niat shalat Jum’at!
■ Bagaimanakah cara shalat Jum’at?
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
|
|
.............. , ...............................
Guru bidang studi Fiqih
.........................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar